Belajar dari Rumah

Salam,

Menanggapi instruksi Presiden Joko Widodo tentang penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) pada tanggal 15 Maret 2020 :

“Karena itu, saya minta seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota terus memonitor kondisi daerahnya, berkonsultasi dengan pakar medis, dan juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menentukan status daerahnya siaga darurat ataukah tanggap darurat bencana non-alam.

Para kepala daerah juga saya minta membuat kebijakan sesuai kondisi daerahnya menyangkut proses belajar dari rumah bagi pelajar/mahasiswa, kebijakan tentang sebagian ASN bekerja di rumah dengan tetap memberi pelayanan kepada masyarakat, dan menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang.”

yang akhirnya didukung pula oleh :

  • Pemerintah Kota Jayapura melalui Surat Edaran No. 003/277/SET pada tanggal 16 Maret 2020; dan
  • Pemerintah Provinsi Papua melalui Surat yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah No. 423.7/520.PPAD/III/20 pada tanggal 16 Maret 2020.

Maka dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) kegiatan belajar mengajar di Sekolah Papua Kasih (TK, SD, SMP) diliburkan selama 2 minggu, mulai tanggal 17 Maret sampai tanggal 31 Maret 2020, diganti dengan BELAJAR DARI RUMAH.

Kegiatan Try Out Kelas 6 SD dan Ujian Praktik Kelas 9 SMP masih tetap dilakukan pada tanggal 17 Maret 2020 dan akan dilanjutkan kembali setelah masa libur.

Kemendikbud memberikan alternatif BELAJAR DARI RUMAH dengan mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar yang dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id

Kemendikbud juga didukung oleh mitra dari sektor swasta untuk menyelenggarakan sistem belajar secara daring.

  1. Sahabat Dikbud dapat menggunakan setiap platform ini dan akan mendapatkan fasilitas yang bisa diakses secara umum dan gratis.
  2. Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id
  3. Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/
  4. Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar.id
  5. Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office5
  6. Akses Quipper School: https://www.quipper.com/id/school/teachers/
  7. Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://sekolahonline.ruangguru.com
  8. Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas
  9. Akses Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri

Selain alternatif yang dikembangkan oleh Kemendikbud bisa diakses oleh siswa dan orang tua dalam mendampingi anak-anak belajar dari rumah, Sekolah Papua Kasih pun menyiapkan Video Pembelajaran berdasarkan apa yang sedang dipelajari anak-anak di sekolah sampai saat ini. Video Pembelajaran akan diunggah secara bertahap melalui Channel YouTube Papua Kasih. Guru-Guru TK, SD, dan SMP Papua Kasih pun akan berkomunikasi dengan orang tua melalui WA Grup Kelas untuk menginformasikan tugas-tugas yang harus dikerjakan anak-anak di rumah.

Selama masa libur atau belajar dari rumah, kantor sekolah tetap dibuka terbatas, untuk melayani orang tua yang ingin mengurus administrasi maupun akademik sekolah anaknya, yang akan dilayani oleh petugas yang piket.

Kami memohon dengan sangat kepada orang tua untuk mendukung masa BELAJAR DARI RUMAH dengan mendampingi & mengawasi anak-anak di rumah. Usahakan tetap berkegiatan di rumah bila tidak ada kebutuhan yang mendesak. Waktu libur ini bukan untuk melakukan kegiatan berlibur ke luar rumah apalagi ke luar kota. Kita ingin wabah pandemik akibat Virus Corona ini segera berlalu salah satunya dengan Social Distancing.

Ingat :

  1. Rajin Cuci Tangan
  2. Hindari Menyentuh Wajah
  3. Menjaga Jarak
  4. Lingkungan Bersih
  5. Hidup Sehat
  6. Hindari Keramaian

Tidak lupa pula kita berdoa kepada Tuhan agar kondisi ini bisa segera diatasi. Kejadian ini menyadarkan kita bahwa kita sangat membutuhkan Tuhan yang memegang kendali dan berkuasa atas segalanya.

Yeremia 29:7
Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

#MencegahPenyebaranVirusCorona
#BelajarDiRumah
#belajarkapansajadandimanasaja

Helena, S.Pd.
Head of School
SEKOLAH PAPUA KASIH